Visi dan Misi

Teknik mesin adalah disiplin ilmu yang mempelajari pemanfaatan dari prinsip-prinsip keteknikan, fisika dan ilmu bahan/material untuk rancang-bangun, analisa, manufaktur dan pemeliharaan dari sistim-sistim mekanik. Para insinyur teknik mesin memiliki peran didalam proses perancangan dan manufaktur dari mayoritas alat-alat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks ini, tantangannya adalah menghasilkan peralatan-peralatan yang lebih baik, lebih murah dan ramah terhadap lingkungan sesuai dengan perkembangan dan tantangan jaman.

Visi dan Misi Program Studi Teknik MesinĀ 

Visi : Menjadi program studi teknik mesin yang terakreditasi lebih tinggi pada 2016 serta dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan terlibat dalam tanggung jawab pengembangan teknologi permesinan di Indonesia umumnya yang berorientasi pada pengembangan wilayah kepulauan.

Misi :

  1. Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi bagi upaya menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar sains dan kerekayasaan didukung dengan kemampuan pengembangan dan aplikasi di bidang teknologi permesinan (darma permesinan).

  2. Menghasilkan produk penelitian sesuai kepentingan pengembangan ilmu dan penerapan teknologi permesian bagi pengembangan masyarakat dan pembangunan nasional khususnya dalam wilayah kepulauan (darma penelitian).

  3. Memberdayakan masyarakat dalam penggunaan teknologi dan pemanfaatan sumber daya alam, khususnya wilayah kepulauan, secara optimal bagi peningkatan kesejahteraan secara berkelanjutan (darma pengabdian).